PELEPASAN PROGRAM LATIHAN PROFESI PENDIDIKAN NONFORMAL DENGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BEKASI VIA DARING

Posted on

PELEPASAN PROGRAM LATIHAN PROFESI PENDIDIKAN NONFORMAL DENGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA BEKASI VIA DARING

Rabu, 23 September 2020, Pelepasan PLP dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi yang dilakukan via daring melalui google meet. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PLP (Program Latihan Profesi) yaitu  Anita Sari DLM, Basaria Elida dan Nur Mariska. Mahasiswa PLP akan ditempatkan di Bidang PAUD dan DIKMAS dengan agenda 2 hari luring (Kamis dan Jumat) dan 3 hari Daring (Senin, Selasa, Rabu). Setiap minggunya mahasiswa akan mengikuti kerja magang pada seksi PAUD, seksi DIKMAS, dan Seksi Kurikulum & GTK yang ada dibawah Bidang Paud & Dikmas.

Kegiatan PLP ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa sebagai salah satu syarat yang ditempuh mahasiswa untuk bisa skripsi. Kegiatan ini dilaksanakan di semester 7 sebelum mahasiswa skripsi. Dalam Program Latihan Profesi (PLP) ini mahasiswa (praktikan) mempelajari secara langsung kehidupan di lembaga lembaga satuan PLS (Pendidikan  Luar Sekolah), dengan cara melakukan interaksi dengan lembaga bersangkutan baik di lembaga ataupun di luar lembaga. Program Latihan Profesi dilakukan pada lembaga satuan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain: kegiatan pendahuluan (orientasi dan adaptasi), kegiatan pengembangan (inti latihan), dan kegiatan kulminasi (pelaporan dan ujian).

Para mahasiswa dalam melaksanakan PLP, tidak hanya dituntut menggunakan pengetahuan dan keterampilan akademik yang telah diperoleh melalui perkuliahan sesuai dengan tuntutan nyata dalam situasi kerja, tetapi para mahasiswa juga dituntut untuk mendapat pengalaman mengajar dan mengolah kegiatan atau membuat program kerja secara profesional serta mengintegrasikan pengalamannya itu ke dalam pola perilaku dirinya sebagai pribadi yang efektif dan produktif. Dengan PLP, para mahasiswa diharapkan dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan oleh setiap bidangnya masing-masing.

Kegiatan PLP dilaksanakan oleh Jurusan Pendidikan Nonformal yang dipimpin langsung oleh ketua jurusan Pendidikan Nonformal yaitu Ibu Ila Rosmilawati, PhD. Dalam hal ini, kegiatan yang harus ditempuh oleh mahasiswa dan di laksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bekasi dengan dibawah bimbingan ibu Kajur langsung.