Rencana Operasional PLS

Posted on

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Pelaksanaan strategi dilakukan secara bertahap memelalui kegiatan proses pendidikan pada setiap semester yang dimulai secara bertahap sejak tahun 2012 hingga tahun 2025

  1. Penerimaan Mahasiswa: melaksanakan sistem penerimaan mahasiswa PLS yang bermutu dan akuntabel.
  2. Kurikulum, tersediannya kurikulum program studi yang bermutu dan senantiasa mengacu kepada berbagai perkembangan IPTEK yang relevan dengan kebutuhan berbagai stacholder baik berskala lokal, nasional maupun globl.
  3. Tenaga Pendidik : ketersediaan dosen yang cukup dan bermutu serta memiliki tingkat professionalisme yang tinggi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kurikulum pembelajaran.
  4. Sarana dan prasarana; menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang mencukupi dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan kelangsungan kegiatan proses pendidikan.
  5. Kerjasama lintas sektor; melaksanakan dan melibatkan berbagai sektor yang relevan dalam rangka untuk menujang perkembangan dan kemajuan serta meningkatkan wawasan dan mutu kegiatan proses pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter unggul.
  6. Sistem penjaminan mutu jurusan: tersedianya dokumen mutu serta melaksankan sistem penjaminan mutu jurusan PLS secara terus menerus dan berkesinambungan ( continyus improvement )
  7. Pengelolaan prodi; terlaksanannya tata kelola program studi yang sehat dan akuntabel serta produktif yang disertai dengan keterjaminan mutu serta pencitraan public yang baik.

 

Sasaran dan strategi pencapaian yang akan dicapai dirumuskan berdasar visi, misi, tujuan, dan capaian kinerja yang diraih oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta yang senantiasa mengacu kepada  visi misi universitas dan fakultas serta jurusan pls sesuai dengan bidang sasaran, sebagai berikut;

 

Bidang Pendidikan

  1. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah memiliki calon mahasiswa yang mencakup wilayah Banten dan Luar Banten.
  2. Jurusan PLS merupakan satu – satunya yang bergerak dlam bidan pendidikan formal, non formal dan informal
  3. PLS memuiliki kurikulum yang senantiasa di sesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, yang dilengkapi dengan profil lulusan, kompetensi serta peta sebaran kurikulum dengan baik
  4. Semua kegiatan proses pendidikan sudah dilengkapui dengan SOP / standar minimal
  5. memiliki hubunagan yang baik dengan berbagai sector khususnya bidang pendidikan dan bidang sosial lainnya
  6. lulusan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah memiliki peringkat kualifikasi rerata IPK 3,50 dan lulus 65 persen  pada ts-3

 

Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. menghasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan mmahasiswa.
  2. mengikuti berbgaai kompetisi penelitian dn pengabdian kepada masyarakat.
  3. menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat
  4. menghasilkan karya ilmiah, artikel dalam terbitan jurnal diberbagai tingkatan

 

Bidang Tata Kelola

  1. Memiliki kepemimpinan jurusan pls yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dalam mengelola jurusan, memiliki struktur organisasi yang jelas yang  dilengkapi dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing
  2. Memiliki gugus jaminan mutu tingkat fakultas
  3. Tersediannya berbagai SOP dalam menunjang kelancaran kegiatan proses pendidikan
  4. Dalam mengelola Jurusan, sudah menerapkan prinsip-prinsip manajemen yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang disertai dengan umpan balik
  5. Tersedianya dosen dan tenaga kependidikan yang mencukupi baik dari aspek kuantitas maupun dari aspek kualitas.
  6. Tersedianya dana operasional yang cukup memadai.

 

Bidang Sarana dan Prasarana

  1. tersedianya srana prasarana penunjang kegiatan proses pendidikan yang mencukupi
  2. memilikimperpustakaan dengan koleksi buku yang mencukupi, baik ditingkat jurusan, fakultas maupun tingkat universitas.
  3. Dan memiliki berbagai jaringan E-book dan E-Jurnal

 

Bidang Kerja Sama

  1. memiliki berbagai jalinan kerja sama dengan berbagai instasi guna mendukung kelancaran proses pendidikan baik secara teori maupun scara praktik
  2. tersediannya berbagai lahan prakti sebagai tindak lanjut kerja sama.