Sepatah Kata Dari Ketua Jurusan PLS Periode 2016 – 2020

Posted on

SEPATA KATA DARI KETUA JURUSAN PLS

PERIODE 2016 – 2020

 

ASS.WR.WB

SALAM SEJAHTERA BUAT  SEVITAS AKADEMIKA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA…

 

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT…atas kesehatan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya,… sehinga dipercaya untuk menjadi ketua Jurusan PLS yang kita cintai ini. Tidak ada yang saya sumbangkan untuk kemajuan  Jurusan PLS ini, karena hingga saat ini tidak banyak kemajuan yang terjadi dan dirasakan baik bagi segenap dosen, staf terkhusus lagi yang dapat diraskan oleh mahasiswa.

 

Oleh sebab itu …mengingat tuntutan dan kemajuan serta tantangan  diabad 21 ini sangat berat dan sangak kompleks…disisi lain ketersediaan daya dukun serta potensi dan kompetensi yang kita miliki belumlah mencukupi …bahkan masih jauh dari yang diharapkan.

 

Kondisi dan keadaan ini,…mari  kita jadikan sebagai “ Driving Force “,…untuk menggapai berbagai harapan dan kemajuan di abad ini…oleh sebb itu marilah abad 21 ini  yang merupakan abad revolusi industri yang ke 4 ( 4.0 )ini  kita jadikan sebagai pondasi  dalam memacu setiap mobilitas dan aktivitas sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita masing-masing…

 

Khusus kepada mahasiswa…sudah seharusnya dapat mengatur dan menata diri secara bijak,…dan sesuaikan dgn tahap pertumbuhan dan perkembangan yang sedang berlangsung, perkembangan yang di alami sudah seharusnyalah dapat  tumbuh dengan baik dan terarah, kontinyu dan berkesinambungan. Oleh sebab itu sebagai mahasiswa sudah sepatut dan sepantasnya untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang harmoni dengan dirinya sendiri terlebih dahulu,…sebab bila keharmonian diri ini tidak tercipta dengan baik, maka sudah dipastikan akan sulit untuk menjalin hubungan yang harmoni dengan lingkungan dan orang lain, sehingga hal ini akan menjelma  dan menjadi sosok individu yang kehilangan rasa, bila individu tersebut sudah kehilangan rasa, dapat dipastikan pada akhirnya ya sendiri tidak akan mampu menjalin hubungan yang harmoni dengan Tuhannya, bila hal ini sampai terjadi… ya akan menjelama sebagai pribadi yang hambar dan kropos, akan tetapi justru yang muncul dan tervisualisasi keprmukaan adalah  sikap dan perilaku yang bertentangan  norma.

 

Akhirnya …melalui rubrik ini…sebagai ketua jurusan dan sebagai pribadi marilah kita pupuk semangat kerja dan semangat belajar yang mencerminkan generasi melenial yang seutuhnya…yang mana  kemjuan Abad 21 ini, ditandai dengan peran dan pengaruh besar dan masif kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek hidup manusia. Itulah sebabnya, abad 21 ini dikenal pula sebagai era informasi dan atau era global. Keberadaan teknologi tersebut telah mengubah cara kita bertransaksi, membaca, bersenang-senang, berkomunikasi/berbicara, dan termasuk cara kita belajar. Keberadaan teknologi tersebut juga memungkinkan semua orang memiliki akses dengan mudah guna  memperoleh informasi apa saja yang diinginkan, bahkan semua orang juga dengan jari jemarinya dengan mudah menumpahkan segala keluh kesa yang ya rasakan.

 

Sehubungan dengan ini semua, kita harus menjamin diri masing-masing agar tidak boleh buta; tidak buta teknologi, tidak buta informasi, dan tidak buta apirasi,  untuk ini mari kita perkuat diri kita masing-masing dengan hal-hal yang terbaik, mari kita semua berupaya secara maksimal untuk menutup diri terhadap hal-hal yang dapat merugikan diri dan orang lain, dengan cara membekali dan sekaligus meningkatkan kualitas kompetensi kita masing-masing, terutama kualitas karakter, kualitas literasi, kualitas Berpikir , kualitas kreativitas, kualitas komunikasi dan kualitas kerjasama, hanya dengan ini semua kita akan mampu tampil sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan terbaik.

 

Semoga Tuhan senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan, dan kesempatan utnuk menyumbangkan kinerja terbaik bagi kemajuan Jurusan pendidikan Luar Sekolah ( Pendidikan Nonformal ) yang kita banggakan ini…

 

Waassalam…

 

Serang,  3 Agustus 2018

Ketua Jurusan

ttd

 

Prof. Dr. Sudadio, M.Pd