PELEPASAN MAHASISWA PROGRAM MBKM MANDIRI JURUSAN PNF FKIP UNTIRTA TAHUN 2024

Posted on

Rabu, 28 Februari 2024, Jurusan Pendidikan Non Formal FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtaysasa, mengadakan Pelepasan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri yang diselenggarakan di Ruang Aula Gedung CA Lantai 3 FKIP Untirta. Kegiatan tersebut mengusung tema “Mandiri Berbagi Bersinergi”, dihadiri oleh Perwakilan Dekanat , Wakil Dekan I: Dr. H. Enggar Utari, M.Si. dan Wakil Dekan II: Ria Sudiana, M.Pd. serta turut hadir mendukung kegiatan tersebut para Dosen di lingkungan Jurusan Pendidikan Non Formal serta mahasiswa yang lolos seleksi Program MBKM Mandiri Jurusan PNF 2024.

Kegiatan MBKM Mandiri  Jurusan Pendidikan Non Formal Tahun 2024 merupakan bagian integral dari proses Pendidikan Program Sarjana Pendidikan untuk menyediakan pengalaman belajar bagi mahasiswa pada situasi nyata di lapangan dalam upaya mencapai kompetensi yang secara utuh telah ditetapkan oleh masing-masing program studi di lingkungan FKIP Untirta. Khususnya Pelaksanaan MBKM di program studi pendidikan Pendidikan Non Formal berdasarkan kurikulum pyang bertujuan untuk pembentukkan tenaga Pendidikan Non Formal yang profesional dan memiliki kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial kemasyarakatan yang handal. Melalui MBKM ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahassiwa unuk mengenal serta mengimplementasikan secara nyata berbagai konsep dan pengalaman deduktif yang sudah ditetapkan di ruang kuliah. Berbekal pengetahuan dan keterampilan profesi yang telah dimilikinya, para mahasiswa mengadakan observasi untuk mengenal dunia pendidikan secara nyata dengan berbagai segi yang ada di dalamya, selanjutnya dalam jangka waktu tertentu berlatih melakukan berbagai tugas pekerjaan tertentu, serta menyesuaikan diri dengan iklim dan norma organisasi tempat mereka berlatih. Melalui MBKM mahasiswa tidak hanya menggunakan dan memantapkan pengetahuan dan keterampilan profesi kependidikan, juga diharapkan memiliki kesiapan yang lebih baik untuk memasuki dunia profesi kependidikan dan mencapai sukses dalam perkembangan karirnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Ibu Dr. H. Enggar Utari, M.Si, beliau berpesan sebagai calon pendidik yang berkualitas, mahasiswa harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pedagogis, kepribadian dan sosial. Kompetensi kepribadian merupakan pondasi dasar untuk menyangga kompetensi profesional dan kompetensi pedagogis. Jika ketiga kompetensi ini sudah berdiri kokoh, kompetensi sosial akan terbangun secara otomatis. Untuk membangun empat kompetensi diperlukan ide-ide yang segar, inovatif, dan yang mampu meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan dengan tidak melupakan nilai karakter bangsa dan semoga kegiatan melalui Program MBKM Mandiri ini menjadi solusi konkrit untuk mewujudkan mahasiswa yang berkompeten Unggul dan Berkarakter. Harapannya semoga program MBKM Mandiri juga dapat dilaksanakan oleh semua Jurusan yang ada di lingkungan FKIP Untirta.